ASKEP UROLOGI

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN SISTEM PERKEMIHAN (GLOMERULONEFRITIS AKUT)

PENGERTIAN
GNA adalah reaksi imunologi pada ginjal terhadap bakteri atau virus tertentu. Yang sering terjadi ialah akibat infeksi kuman streptococcus, sering ditemukan pada usia 3-7 tahun klik sini



NEOPLASMA PADA SISTEM PERKEMIHAN RENAL KARSINOMA

Tumor renal karsinoma maligna terutama adenocarcinoma menduduki 2% dari semua kanker. Tumor renal maligna yang kecil (adenoma) bisa timbul tanpa membawa kerusakan yang jelas atau menimbulkan berbagai gejala. Carcinoma sel-sel ginjal jarang timbul sebelum orang berusia 40 tahun, lebih sering berjangkit pada usia 50 tahun samapi 70 tahun, terjadi lebih banyak pada pria daripada wanita. klik sini


TRAUMA PADA SALURAN KEMIH TRAUMA BLADDER

Definisi
Trauma tumpul atau penetrasi perlukaan pada bladder yang mungkin dapat/tidak dapat menyebabkan ruptur bladder. Trauma bladder sering berhubungan dengan kecelakaan mobil saat sabuk pengaman menekan bladder, khususnya bladder yang penuh.
klik sini


ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN TRAUMA URETHRA

I. PENGERTIAN
Ruptur uretra adalah ruptur pada uretra yang terjadi langsung akibat trauma dan kebanyakan disertai fraktur tulang panggul, khususnya os pubis (simpiolisis).
klik sini


ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN UROTHILIASIS

Pengertian
Urolithiasis adalah suatu keadaan terjadinya penumpukan oksalat, calculi (batu ginjal) pada ureter atau pada daerah ginjal. Urolithiasis terjadi bila batu ada di dalam saluran perkemihan. Batu itu sendiri disebut calculi. Pembentukan batu mulai dengan kristal yang terperangkap di suatu tempat sepanjang saluran perkemihan yang tumbuh sebagai pencetus larutan urin. Calculi bervariasi dalam ukuran dan dari fokus mikroskopik sampai beberapa centimeter dalam diameter cukup besar untuk masuk dalam velvis ginjal. Gejala rasa sakit yang berlebihan pada pinggang, nausea, muntah, demam, hematuria. Urine berwarna keruh seperti teh atau merah.
klik sini

ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KARSINOMA BULI-BULI

I Pengertian
Tumor buli-buli adalah tumor yang didapatkan pada buli-buli.
II Insiden
Terjadi 3 kali lebih besar laki-laki daripada perempuan, buli-buli lebih sering dijangkiti kanker dari pada organ yang lain pada alat perkemihan.klik sini


ASUHAN KEPERAWATAN BATU SALURAN KEMIH (BSK)

Pengertian.
Sindroma yang terdiri dari gabungan kolik ginjal dan hematuria dan keluarnya batu atau gambaran batu pada foto X’ ray (hasjim Effendi 1981).
klik sini



BENIGNA PROSTAT HYPERTROPI (BPH)

PENGERTIAN
BPH (Benigna Prostat Hyperplasi) adalah pembesaran progresif dari kelenjar prostat yang dapat menyebabkan obstruksi dan ristriksi pada jalan urine (urethra).
klik sini

0 komentar:

 
Website © 2006-2014 Template design by Mahfud Sunandar. Powered by Gratis AskepRS Semen Gresik.